Beranda FAQ

PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN

  1. Q: Berapa biaya pengurusan rekomendasi?
    A: Pengurusan Rekomendasi Melalui Aplikasi Layanan Elektronik Rekomendasi Tanah (ALEKOT) pada Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kupang adalah bebas biaya (gratis).
  2. Q: Berapa lama proses yang diperlukan dari konfirmasi pendaftaran sampai dengan dikeluarkannya rekomendasi?
    A: Proses rekomendasi permohonan yang mempunyai berkas lengkap dilakukan dalam satu (1) hari kerja.
  3. Q: Kenapa permohonan rekomendasi saya ditolak?
    A: Permohonan ditolak dapat disebabkan oleh: karena tidak sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, meliputi: dokumen tidak lengkap atau dokumen tidak sesuai.
  4. Q: Apabila permohonan rekomendasi ditolak, apakah masih bisa melakukan pendaftaran ulang? Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendaftar lagi sejak penolakan diberikan?
    A: Ya, permohonan rekomendasi dapat langsung dilakukan dengan ketentuan semua dokumen yang disyaratkan telah disiapkan secara lengkap. Apabila alasan penolakan karena dokumen kurang lengkap, maka pemohon dapat langsung mengunggah (upload) kekurangan dokumen dimaksud pada halaman pengecekan status permohonan.
  5. Q: Apa yang harus dilakukan jika nama yang tertera pada bukti kepemilikan (sertifikat) berbeda dengan pemohon?
    A: Jika terdapat perbedaan nama pada bukti kepemilikan (sertifikat) dengan pemohon, maka pemohon wajib melampirkan dokumen pendukung perbedaan nama dimaksud, yaitu (salah satu) dari dokumen tersebut dibawah ini:
    • Akta Kematian dan persetujuan ahli waris (jika pemilik tanah sesuai sertifikat telah meninggal dunia)
    • Perjanjian kerja sama
    • Surat hibah
    • Surat pelepasan hak
    • Surat kuasa dari pemilik sertifikat kepada pengguna tanah
  6. Q: Jika pemilik sertifikat dari tanah yang akan diurus telah meninggal dunia, apa yang harus saya lakukan?
    A: Melampirkan akta Kematian dari pemilik sertifikat dan persetujuan ahli waris.
  7. Q: Apakah pengurusan rekomendasi boleh dilakukan oleh orang lain?
    A: Ya, setiap orang yang mempunyai akses internet dan kelengkapan dokumen dapat mengajukan permohonan (untuk diri sendiri) dan untuk orang lain sepanjang mempunyai persetujuan oleh pemohon.
  8. Q: Siapa yang harus saya hubungi jika ada hal lain yang ingin saya tanyakan?
    A: Untuk konsultasi silahkan menghubungi Sub Bagian Administrasi Kewilayahan Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Kupang di nomor 081337933477 (Ibu Tri).